Menemukan Konsensus Kebangsaan Baru: Negara, Pasar, dan Cita-cita Keadilan

Menemukan Konsensus Kebangsaan Baru: Negara, Pasar, dan Cita-cita Keadilan

Berbagi Artikel
Penulis

Faisal Basri

Penerbit

The Ford Foundation, The Asia Foundation, PUSAD Paramadina

Editor

Dinna Wisnu, Ihsan Ali-Fauzi

Penyunting

Husni Mubarok

Halaman

182+xiv

Cetakan

I, Desember 2013

Tahun Terbit

Desember 2013

ISBN

978-979-772-040-7

Dalam buku ini Faisal Basri mengajak pembaca untuk berdialog tentang cita-cita bangsa Indonesia dan konsekuensi yang perlu ditanggung berkaitan dengan penyusunan langkah tata kelola pembangunan. Bertolak dari indikator-indikator ekonomi, Faisal kemudian masuk ke dalam dialog yang lebih mendalam terkait pencarian jalan keluar dari kemelut yang selama ini melilit pemerintah Indonesia.

Berbagai aspek pembenahan perekonomian dan pemerintahan Indonesia kemudian dibahas lebih lanjut oleh para penanggapnya: Thee Kian Wee, Handi Risza, A. Prasetyantoko, Indrasari Tjandraningsih, dan Budi Hikmat. Semuanya menunjukkan sejumlah harapan yang patut dibanggakan tapi juga catatan yang patut diwaspadai.

Bermula dari Nurcholish Madjid Memorial Lecture VI (2012), di buku ini Faisal mengingatkan perlunya bangsa Indonesia mendesain ulang skenario pertumbuhan ekonominya. Buku ini penting dibaca oleh siapa pun yang terlibat dalam kegiatan ekonomi agar tidak kehilangan jiwa sosial dan tidak mati rasa ketika berhadapan dengan ketimpangan sosial yang akut.

No Comments

Post A Comment