Pendidikan Untuk Perubahan (Sepotong Catatan tentang Cerita Motivasi dan Inspirasi dari Ambon)

Pendidikan Untuk Perubahan (Sepotong Catatan tentang Cerita Motivasi dan Inspirasi dari Ambon)

Penulis

Budhy Munawar-Rachman, Moh. Shofan, Siti Nurhayati

Halaman

250

Cetakan

I, 2015

Tahun Terbit

2015

ISBN

978-979-772-049

Pendidikan merupakan karakter suatu bangsa. Semakin baik pendidikan suatu negara, semakin baik pula moral, ekonomi, dan budaya negara tersebut. Pendidikan karakter bersifat luas dalam cakupan dan sulit didefinisikan secara tepat. Tetapi, yang dimaksud pendidikan karakter di sini adalah suatu istilah yang menjelaskan berbagai aspek pengajaran dan pembelajaran bagi perkembangan personal. Pendidikan karakter meliputi beberapa area, seperti: penalaran moral, pembelajaran sosial dan emosional, pendidikan/kebajikan moral, pendidikan keterampilan hidup, pencegahan kekerasan, dan resolusi konflik.

Buku ini memberikan gambaran tentang cerita perubahan sebuah
pandangan dan tanggapan yang unik dan “apa adanya” namun mengandung
makna penting untuk dikaji. Sebanyak 40 guru di Ambon menceritakan kisah
inspiratif dan pengalaman mereka selama mengajar anak-anak di sekolah.
Mereka menceritakan kisah perubahan sosial, reformasi pendidikan
dan toleransi beragama, seraya menentang segala bentuk penindasan,
kekerasan, kesenjangan sosial dan sikap intoleran. Mereka juga berperan
aktif dalam mentransformasikan kesadaran nilai-nilai secara lebih intensif
dan massif di masyarakat. Cerita ini penting untuk didengar sebagai
kontribusi dalam melawan sikap intoleransi dan ekstremisme kekerasan,
baik di sekolah maupun di masyarakat. Praktik-praktik ini memberikan
contoh inspiratif bagaimana mekanisme pencegahan untuk memerangi
segala bentuk kekerasan.

Buku ini menunjukkan bahwa karakter berperan sebagai kemudi dan
kekuatan sehingga untuk membangun karakter, maka salah satu strateginya
adalah melalui jalur pendidikan. Sebagaimana yang dilakukan oleh para
guru, bahwa strategi pembangunan karakter melalui proses pembelajaran
dengan pendekatan LVE sangatlah efektif. Dengan kata lain, signifikansi
perubahan atau dampak yang ditimbulkannya cukup positif. Semangat
perubahan itu, misalnya secara eksplisit ditegaskan oleh para guru selama
melakukan aktifitas mengajar.