Loading Event

« All Event

  • This event has passed.

Ciputat School: RUU PUB dan Masalah Nasionalisme Berketuhanan Kita

15 Mei 2015 @ 18:00 - 22:00

Kementerian Agama tengah menyusun Rancangan Undang Undang Perlindungan Umat Beragama (RUU PUB). RUU ini disiapkan sebagai payung hukum teknis dalam melindungi warga negara terkait agama sebagaimana amanat konstitusi. RUU ini, sebagaimana banyak diberitakan, akan mengatur syarat dan ketentuan keyakinan tertentu bisa disebut sebagai agama; penyebarluasan ajaran agama; pendirian rumah ibadah; dan hal-hal lain yang dinilai menjadi sumber konflik antar umat beragama.

Menyusun UU baru untuk mengatasi konflik kekerasan dan diskriminasi atas nama agama menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya datang dari artikel “Productive Intolerance: Godly Nationalism in Indonesia” yang ditulis oleh Jeremy Menchik, dosen di Universitas Boston, Juli 2014 lalu. Menchik dalam artikelnya itu mengatakan bahwa intoleransi yang dialami komunitas semacam Ahmadiyah atau belakangan Syiah bukan semata-mata karena sikap radikal kalangan islamis, melainkan karena mereka berada di luar konsensus yang wajar antara agama dan negara bangsa Indonesia sejak awal. Konsensus ini oleh Menchik disebut nasionalisme berketuhanan (godly nationalism).

Betulkah jenis nasionalisme kita sejak awal nasionalisme berketuhanan? Jika memang demikian, apakah RUU PUB akan melindungi setiap warga negara, khususnya kelompok minoritas, atau sebaliknya?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, diskusi bulanan Ciputat School kali ini mengambil tema: “RUU PUB dan Masalah Nasionalisme Berketuhanan Kita.” Narasumber : Zainal Abidin Bagir (Ketua Program Studi Agama dan Lintas Budaya UGM).

Ciputat School adalah forum diskusi yang diinisiasi oleh Komunitas Ciputat School bersama Forum Muda Paramadina. Forum ini mengulas teman-tema agama, perdamaian, demokrasi, politik, dan Hak Asasi Manusia. Program ini gratis dan terbuka untuk umum (dengan reservasi).

RSVP:  Ayu Mellisa [ayu@paramadina-pusad.or.id]

Detil

Tanggal:
15 Mei 2015
Waktu
18:00 - 22:00

Venue

Aula Ciputat School (Futsal Camp)
Jl. RE. Martadinata No. 9, Ciputat
Tangerang Selatan, Banten Indonesia
+ Google Map