Loading Event

« All Event

  • This event has passed.

SEDAP: Memahami dan Memperlakukan Mantan Pelaku Teror

11 Mei 2015 @ 14:00 - 16:00

sbastian JungerMantan-mantan jihadis atau kombatan separatis berpeluang kembali bergabung dengan komunitas lamanya. Mereka berpotensi kembali melakukan aksi kekerasan sebagaimana dilakukannya pada masa sebelum dipenjara. Kepala BNPT mengatakan bahwa dalam kurun waktu 13 tahun, Indonesia telah menangkap 840 pelaku teror. Ini angka yang luar biasa besar. Jika tidak ada penanganan yang memadai, dan jika mereka kembali ke kelompoknya, bukan tidak mungkin mereka akan melakukan teror kembali.

Bagaimana sebaiknya penanganan mantan kombatan dan mantan pelaku teror? Apakah upaya pemerintah selama ini sudah memdai untuk mengembalikan mereka menjadi warga biasanya yang membuang jauh-jauh teror sebagai strategi?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kelas SEDAP Forum Muda Paramadina kali ini akan mendiskusikan pidato Sebastian Junger, sutradara film nominator Oscar Restrepo, di TED Talk bertajuk Why Veterans Miss War. Ia menceritakan bagaimana tentara Amerika sepulang bertugas dari Afghanistan. Ia memaparkan mengapa tentara kerapkali merindukan kembali berperang. Menurutnya, mereka bukan psikopat yang ingin kembali membunuh. Apa yang mereka rindukan terutama persaudaraan (bratherhood).

Rincian Kegiatan

Proses kegiatan ini sebagai berikut:

  1. Diskusi ini menggunakan pengantar bahasa Inggris.
  2. Bahan diskusi berikut:

https://www.ted.com/talks/sebastian_junger_why_veterans_miss_war#t-314722

  1. Setiap peserta akan memberi tanggapan singkat secara tertulis dalam bahasa Inggris kepada panitia.

Senin, 11 Mei 2015, pukul 14:00 – 16:00 WIB di Aula PUSAD Paramadina, Jakarta, Blok A2 No. D 12 Jl. Karang Tengah Raya Jakarta Selatan 12440.

Kegiatan ini terbuka untuk umum. Buat kamu yang berminat hadir, silakan mendaftar ke Pradewi TC (pradewitc@paramadina-pusad.or.id).

Detil

Tanggal:
11 Mei 2015
Waktu
14:00 - 16:00

Venue

Aula PUSAD Paramadina
Bona Indah Plaza, Blok A2 No. B11. Jl. Karang Tengah Raya, Lebak Bulus
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12440 Indonesia
+ Google Map
Telepon:
081511666075
Situs Web:
www.paramadina-pusad.or.id