Gender Dalam Buku-buku Pendidikan Agama Islam

Gender Dalam Buku-buku Pendidikan Agama Islam

Sumber: Policy Brief No. 4, Gender and Reproductive Health Study (Canberra, Australia: Australian Demographic and Social Research Institute,Australian National University), January 2012.

Abstrak: Buku-buku ajar pendidikan agama Islam yang digunakan di sekolah banyak mengandung informasi yang bias. Perempuan masih dipandang secara stereotipikal dan perannya ditempatkan di ranah domestik. Sementara laki-laki mendominasi materi dan informasi terkait ranah publik. Padahal,buku-buku ajar pendidikan agama Islam menjadi sumber pengetahuan dan informasi penting tentangkesetaraan berdasarkan ajaran agama Islam. Maka diperlukan adanya perubahan dalam kebijakan sistem penulisan buku ajar pendidikan agama Islam, di mana penulis buku-buku tersebut harus memilikiperspektif gender. Selain itu, diperlukan adanya keterlibatan tokoh-tokoh agama berperspektif genderuntuk mengevaluasi kandungan isi buku-buku ajar pendidikan agama Islam tersebut.

 

[wpfilebase tag=file id=130 /]