Program

“There is nothing so practical as a good theory,” tulis Lewin (1951). Ungkapan ini tentu dapat ditafsirkan beragam dan dapat diperdebatkan. Tapi dari pengalaman kami, hasil riset bermutu sangat mungkin menjadi faktor untuk mengelaborasi praktik terbaik. Sebagaimana missi kami, “mengembangkan gagasan dan praktik terbaik interaksi damai antara agama dan demokrasi di Indonesia.”

PUSAD mengidentifikasi lima tema riset yang akan kami kembangkan dalam tiga tahun ke depan, yaitu: (1) Agama dan perdamaian; (2) mediasi lintas-iman; (3) vigilantisme keagamaan; (4) pola konflik keagamaan, serta; (5) pemolisian konflik keagamaan. Masing-masing tema tersebut akan dielaborasi latarbelakang serta peluang risetnya, juga beberapa kemungkinan aktivitas penyertanya.

Rabu, 1 November 2017
Jumat, 27 Oktober 2017
Selasa, 24 Oktober 2017

Perdamaian dan Kekerasan: Dua Sisi Mata Uang dalam Studi Perdamaian

Perdamaian dan kekerasan adalah dua hal yang tak terpisahkan. Karenanya, dalam mengkaji kekerasan, penting sekali membincang prihal perdamaian. Begitulah kesan pertama yang timbul tatkala membaca tulisan Johan Galtung “Violence, Peace, and Peace Research”. Sebuah tulisan yang menjadi tonggak penting dalam diskursus studi konflik dan perdamaian di seluruh dunia. Sebagai seorang sosiolog, Galtung mengajak para aktivis…

Baca lengkap