Ikhtisar Kompetisi Esai “Write a Piece for Peace” 2017

Kompetisi Esai “Write a Piece for Peace” diselenggarakan dalam rangka mengembangkan bakat tulis-menulis anak-anak muda (siswa dan mahasiswa 16-25 tahun) dan menyediakan ruang bagi mereka untuk mengeksplorasi berbagai gagasan dan inisiatif terkait toleransi dan binadamai di Indonesia. Mereka didorong untuk menyikapi masalah kekerasan di sekitar mereka, menuturkan dampak kekerasan terhadap kehidupan mereka, dan apa yang dapat mereka lakukan untuk mengatasinya.

Sayembara ini mendapat sambutan hangat dari seluruh Indonesia. Hingga ditutup pada 30 November 2017, sayembara diikuti 1.083 peserta: masing-masing 800 orang mahasiswa dan 283 orang siswa sekolah menengah atas, meski tidak semuanya lolos seleksi administrasi. Sayembara ini akan memilih 6 (enam) pemenang untuk mendapatkan hadiah total sebesar Rp. 37.500.000 (tigapuluh tujuh juta limaratus rupiah).

Dewan juri terdiri dari lima penulis dan aktivis perdamaian yang sering tampil sebagai komentator sosial. Mereka adalah: Zen RS (editor Tirto.id dan penulis Jalan Lain ke Tulehu); Feby Indirani (novelis dan penulis Bukan Perawan Maria); Pangeran Siahaan (presenter televisi, penulis The Big Pang Theory); Irfan Amalee (pendiri Peace Generation dan Islamcinta.co); dan Irsyad Rafsadi (peneliti dan penyunting buku Carita Orang Basudara).

Para juri sangat terkesan dengan esai-esai yang masuk. Mereka menyatakan: “Menyimak esai-esai yang masuk, para juri tak jarang ikut terbawa oleh kengerian dan kegetiran yang dialami dan dituturkan mereka yang jadi korban kekerasan. Mereka mungkin tidak menawarkan gagasan atau terobosan baru, tapi pengalaman mereka begitu dekat dan relevan dengan banyak orang. Kami juga terharu membaca harapan dan pergulatan mereka untuk mendapatkan pengalaman hidup yang lebih damai.”

Berikut adalah ikhtisar profil peserta yang telah berpartisipasi dalam kompetisi ini.

 

Kategori Peserta

Selengkapnya

 

Asal Daerah

Selengkapnya

 

Jenis Kelamin

Selengkapnya

 

Sebaran Usia

Selengkapnya

 

Asal Sekolah

Selengkapnya

 

Jurusan

Selengkapnya

 

Kegiatan ini dikelola PUSAD Paramadina bekerjasama dengan Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM), Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, dan United Nation for Development Program (UNDP)

 

2 pemikiran pada “Ikhtisar Kompetisi Esai “Write a Piece for Peace” 2017

  1. saya ingin melihat esai yang juara satu dalam kompetisi ini, untuk bahan pelajaran saya untuk esai berikutnya

Tinggalkan Balasan