Menyambut Sana Jaffrey sebagai Peneliti Tamu di PUSAD

Menyambut Sana Jaffrey sebagai Peneliti Tamu di PUSAD

Mulai Oktober 2015, Sana Jaffrey akan terlibat aktif di Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD), Yayasan Paramadina, sebagai Research Fellow (Peneliti Tamu). Kami menyambut dengan penuh semangat keterlibatan Sana di kantor kami, karena yang bersangkutan adalah peneliti muda yang sudah dan akan terus melahirkan karya-karya penelitian penting di masa depan, dilihat dari kinerja dan komitmen intelektualnya selama ini.

Sana kini kandidat doktor pada Departemen Ilmu Politik, University of Chicago, Amerika Serikat. Pendidikan S1 dan S2 ditempuhnya di University of Pennsylvania dan University of Michigan, juga di Amerika Serikat. Studi doktoralnya akan mengkaji keragaman kapasitas negara dan hubungannya dengan tindakan “main hakim sendiri” dengan menggunakan data di tingkat daerah.

Sana bukan orang baru dalam studi-studi tentang Indonesia. Sejak 2008 hingga 2013, dia memimpin proyek Sistem Nasional Pemantauan Kekerasan (SNPK), termasuk mengembangkan metodologi dan membuat analisis untuk bahan kebijakan pemerintah. Proyek ini kini dikelola Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK, dulu Kemenkokesra) bersama Bank Dunia. Di antara karya-karyanya adalah “Understanding Violent Conflict in Indonesia: A Mixed Methods approach” (2009 bersama Varshney dkk.), dan “Final Reflections: Looking Back Moving Forward” dalam Collective Violence in Indonesia (2010) yang disunting Ashutosh Varshney, dan “How Large Conflicts Subside: Evidence from Indonesia” (akan terbit, 2015).

photo sana

Sana juga bukan orang baru bagi PUSAD Paramadina. Dia pernah menulis tanggapan atas pidato Sidney Jones dalam satu Nurcholish Madjid Memorial Lecture (NMML), kegiatan tahunan PUSAD, berjudul “Berlagak Aparat: Telaah Dampak Kapasitas Negara terhadap Tindakan Main Hakim Sendiri,” dan diterbitkan dalam Husni Mubarok dan Irsyad Rafsadi (eds.), Sisi Gelap Reformasi: Kekerasan Masyarakat Madani di Indonesia (2014).

Selain akan mengumpulkan data untuk keperluan disertasinya, di PUSAD Paramadina Sana akan memimpin diskusi mingguan mengenai “Filsafat, Metode, dan Desain Riset Ilmu-ilmu Sosial”, berbasis pengalamannya sebagai mahasiswa pascasarjana di Universitas Chicago. Sana juga akan terlibat dalam kegiatan-kegiatan PUSAD lainnya, seperti memoderatori NMML tahun ini, dengan pembicara Chaiwat Satha-Anand, di kampus Universitas Paramadina, Selasa, 6 Oktober 2015.***

No Comments

Post A Comment