Agama, Kerukunan dan Binadamai di Indonesia: Modul Lokakarya Penyuluh Agama

Agama, Kerukunan dan Binadamai di Indonesia: Modul Lokakarya Penyuluh Agama

Berbagi Artikel
Penulis

Ihsan Ali-Fauzi, Zainal Abidin Bagir, Irsyad Rafsadie, Dyah Ayu Kartika, Husni Mubarok, Ali Nursahid

Penerbit

PUSAD Yayasan Wakaf Paramadina

Editor

Husni Mubarok

Penyelaras

M. Agung Saputro

Halaman

vii + 69

Cetakan

I, 2018

Tahun Terbit

2018

ISBN

978-602-525-197-1

Di antara pihak yang mengemban tugas dan tanggungjawab untuk turut mengawasi dan mengatasi intoleransi dan ekstremisme adalah penyuluh agama. Peran penyuluh agama strategis karena selama ini mereka bekerja di tingkat paling bawah, desa/kelurahan, menjangkau majelis-majelis taklim, perkumpulan, dan komunitas agama di masyarakat. Modal ini tentunya penting dalam upaya menyebarkan model usaha binadamai dan nirkekerasan di masyarakat.

Buku ini adalah upaya memperkaya literasi agama tentang binadamai. Memperkuat aspek pengetahuan dengan membahas sumbangsih agama dalam pembentukan nasionalisme, mendiskusikan peran agama dalam binadamai, memetakan intoleransi dan ekstremisme keagamaan yang berkembang saat ini. Selain itu, buku ini juga mengulas pengetahuan praktis tetang bagaimana menganalisis ketegangan dan konflik di masyarakat, sekaligus bagaimana mengembangkan narasi alternatif dan langkah-langkah praktis untuk melakukan kontra narasi terhadap hoaks dan ujaran kebencian di media sosial.

Modul ini pada mulanya adalah “buku saku” bagi penyuluh agama. Meski demikian, panduan ini sengaja disusun sebisa mungkin juga diambil manfaat oleh masyarakat lebih luas yang selama ini terlibat dalam membangun kerukunan dan binadamai di Indonesia.

Silahkan Klik tautan berikut ini:

No Comments

Post A Comment