[RISOS #7] Pengarusutamaan Islam di Indonesia: Televisi, Identitas dan Kelas Menengah 🗓

[RISOS #7] Pengarusutamaan Islam di Indonesia: Televisi, Identitas dan Kelas Menengah 🗓

RISOS #7: Pengarusutamaan Islam di Indonesia

RISOS #7 2022 akan mendiskusikan karya Inaya Rakhmani, Pengarusutamaan Islam di Indonesia: Televisi, Identitas dan Kelas Menengah (Mizan 2022). Buku ini menyoroti kaitan yang tidak segera tampak antara Islam dan komersialisasi di Indonesia, negara yang mengalami kebangkitan Islamisasi di tengah kehidupan demokrasi yang baru. Pengarang membahas bagaimana media, dalam hal ini televisi, berelasi dengan identitas penonton.

Seperti kata penulisnya, argumen buku ini cukup sederhana: “Ia menyoal peran media dalam perubahan sosial, dan bagaimana media kadang justru menghambat perubahan.” Dengan menganalisis studi-studi kasus di banyak wilayah di Indonesia, buku ini menunjukkan bahwa televisi telah mendemokratisasikan hubungan ulama/ustad dengan jamaah (umat Islam kebanyakan). Secara khusus, ditilik pula bagaimana kelas menengah memberi dampak terhadap dakwah komersial dan media, serta bagaimana terjadi simbiosis mutualisme antara kecemasan kelas menengah Muslim dan kekuatan pasar.

Dengan menelisik kesalinghubungan antara ekspresi keislaman, televisi komersial, dan imajinasi nasional, buku ini mencoba menunjukkan bahwa komersialisasi Islam melalui jejaring televisi nasional menyingkap pelbagai ekspektasi dan kesenjangan di antara kelompok-kelompok etnis/keagamaan, dan antar-daerah.

Narasumber

RISOS #7 akan mengundang dua narasumber yang akan mendiskusikan tema di atas, yang didasarkan atas buku yang baru terbit:

  1. Inaya Rakhmani, Dosen Jurusan Komunikasi, Universitas Indonesia; Direktur Asia Research Centre, UI; Wakil Ketua Akademi Ilmuwan Indonesia (ALMI); penulis buku yang akan dibahas.
  2. Hikmat Darmawan, Wakil Ketua I Dewan Kesenian Jakarta; pengamat budaya populer.
  3. Moch Fakhruroji, Dosen Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung.

Waktu/Tempat

Diskusi akan berlangsung pada Jumat, 29 Juli 2022, 14:00-16:00 WIB. Diskusi dilaksanakan secara daring dan disiarkan langsung melalui akun Youtube PUSAD Paramadina. Detail acara diskusi akan disampaikan dalam lampiran terpisah.

Scheduled ical Google outlook
No Comments

Post A Comment
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.